PEMBERDAYAAN KOMUNITAS DI PAGAR PELANGI

                                                        
Diblog kali ini saya akan membahas tentang kegiatan Learning Tour ke pagar pelangi yang ada di desa Dadapan, Kec. Sedan, Kab. Rembang. 
Saya dan teman" saya beserta bapak ibu guru melakukan kunjungan ke wisata pagar pelangi untuk melakukan wawancara. Dan seperti biasa wawancara itu untuk memenuhi tugas Sosiologi. 
Wisata pagar pelangi merupakan wisata yang menarik untuk dikunjungi. Terlihat dari namanya yaitu pagar pelangi. 
      Pada hari selasa, tanggal 28 oktober 2021 tepat pada pukul 04.00 pagi saya bangun, saya heppy sekali karena pagi itu saya mau pergi untuk Learning Tour di pegang pelangi. Pada jam 6 ada insiden jam berangkat di tunda karena ada bapak bupati datang ke SMA. Ada juga perubahan baju yang akan dipakai, awalnya memakai baju bebas. Tetapi pagi itu dapat pengumuman memakai baju osis, saya terkejut karena baju osis saya baju saja saya cuci dan masih basah. Saya kecewa karena baju saya yang sebelumnya mau saya pakai nggk jadi saya pakai. Karena seragam osis saya masih basah saya akhirnya memakai baju batik. Dan pagi itu saya langsung nyetrika baju batik. Lalu jam ½8 saya berangkat dari rumah menuju ke sekolah. Dan akhirnya berangkatnya pun di tunda, jam 10.00 baru berangkat ke pagar pelangi. 

     Berangkat ke pelangi pun naik moto bersama-sama, mulai dari kelas XII IPS 1-XII IPS 5. Saya pun tidak berani naik sendiri lalu saya boncengan sama teman saya,karena medan jalan naik turun,  Jalannya juga banyak tikungannya. Tapi saya suka karena pemandangan sangat indah sekali, gunung" terlihat sangat jelas, udara nya sangat sejuk. 

   Saya dan teman" saya sampai di pagar pelangi pukul 11.00. Saya langsung menuju ke parkiran moto, habis itu langsung menuju ke area wisata pagar pelangi yang ada di desa Dadapan. Kita sebelum masuk ke wisata pagar pelangi kita harus membeli tiket seharga 2000 rupiah. Lalu kita masuk dan tempat sangat indah sekali. Lalu saya foto" disana sebelum memulai kegiatan wawancara untuk memenuhi tugas Sosiologi. 
      Pagar pelangi didirikan pada tanggal 27 september 2019. Yang didirikan oleh bapak Abadi. Dana yang di gunakan untuk mendirikan wisata pagar pelangi itu adalah dari tabungan anak-anak pondok. Dalam waktu 3 bulan wisata pagar pelangi sudah dapat menggantikan uang anak-anak pondok yang pernah di pakai untuk mendirikan wisata pagar pelangi. Kata "pagar" sendi mempunyai makna suatu yang melindungi dari sesuatu yang berbahaya. Sedangkan "pelangi" artinya kombinasi dari berbagai macam warna, menjadi satu kesatuan dan menjadi harmonisasi yang indah. 
          Saya sepanjang jalan mengelilingi wisata pagar pelangi saya semakin takjub. Untuk  spot-spot fotonya juga indah sekali. Foto diatas bertemakan istana sakura yang biasanya aja di jepang. Disitu juga da kata-kata motivasi untuk anak-anak muda zaman sekarang "Meskipun jomblo tetap happy". Ketika membaca kata" itu yang nggk pernah pacaran happy saja, tapi yang sudah pernah pacaran pasti dia bersedih.
   setelah keliling sebentar lalu saya dan teman" saya beserta bapak ibu guru memulai untuk mewawancarai bapak Abadi pendiri wisata pagar pelangi. Setelah 1 jam berlalu saya langsung keliling untuk melihat spot-spot foto yang menarik. Dan saya pun tidak lupa untuk berfoto bersama teman" saya. 
     Di pagar pelangi pun juga ada yang  jajanan tradisional, seperti ketan, serabi, dumbek, tiwul, seredek dan lain-lain. Itu yang jual masyarakat desa Dadapan sendiri dan anak pondok. Dengan adanya wisata pagar pelangi sangat menguntungkan masyarakat yang tinggal di Desa Dadapan karena mereka bisa berjualan di tempat wisata pagar pelangi. Pendapatan masyarakat di Desa Dadapan makin bertambah dan tidak lagi kesulitan keuangan. 
Semoga wisata pagar pelangi bisa menjadi wisata yang bisa masuk ke wisata  jenjang internasional dan bisa lebih dikenal oleh masyarakat luar. 



Sampai jumpa diblog selanjutnya..... 




Penulis :Wiwik Nur Maghfiroh 
Email :wiwikmaghfiroh645@gmail.com 
Sekolah : SMA N 1 PAMOTAN 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEPES TAHU KHAS KELUARGA IBU MAHMUDAH

Jajanan Tradisional VS Jajanan Modern

Jamu Tradisional