Jajanan Tradisional VS Jajanan Modern

Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh 
Hai guys.....
Bertemu lagi dengan saya Wiwik Nur Maghfiroh 
Apa kabar? Semoga baik-baik saja dan semoga kita selalu dalam lindungannya allah SWT. Aaminn... 

Diblog kali ini saya akan membahas tentang Jajanan Tradisional VS Jajanan Modern yang saya gunakan untuk meneliti perubahan pola makanan jaman dahulu dan jaman sekarang. 
Dalam tugas ini saya harus melakukan wawancara terlebih dahulu. Saya menemukan jajanan tradisional yang berada didesa pancur. 
Jajanan Tradisional yang saya temukan adalah kue leker. Kue Lekker adalah jajanan jadul yang namanya diambil dari bahasa Belanda, lekker yang artinya enak. Lekker sendiri berkembang pesat di kota Solo. Saat bangsa Belanda akrab dengan panekuk atau pancake datang ke Solo, warga lokal berinisiatif untuk membuat versi hemat dan tipisnya yang kini dikenal dengan leker. 
Saya melakukan wawancara dengan Mas Miftahul Huda. Dan setelah wawancara itu saya menemukan alat yang cara menggunakannya dengan cara diputar dan memasak diatas kompor dan menggunakan api yang kecil. Alat yang digunakan itu namanya wajan kecil yang berasal dari kuningan. Kalau dulu itu masih menggunakan wajan dan arang. Meskipun alat-alat yang digunakan berbeda tetapi rasanya masih tetap enak. 
Bahan-bahan yang digunakan untuk kue leker antara lain :
*Bahan adonan :
     - Tepung trigu 
     - Tepung beras 
     - Tepung sagu 
     - Baking powder 
     - Telur 
     - Pasta vanila 
     -Susu cair 
*Bahan isian :
     - Gula pasir 
     - Susu coklat 
     - Selai-selai 
     - pisang 
     - Roti tawar 
Alat-alat yang digunakan pun sederhana sekali seperti wajan kecil, pisau, solet, garpu, sendok. 
Kalau sekarang memasak menggunakan kompor kalau dulu itu masih menggunakan arang. 

Saya juga menemukan  jajanan modern atau jajanan jaman sekarang yang berada didesa langkir. 
Jajanan Modern yang akan saya ceritakan yaitu Takoyaki. Takoyaki merupakan makanan yang mudah ditemui baik dipinggir jalan maupun di mal-mal. Seperti yang kita ketahui, Takoyaki merupakan cemilan yang berasal dari Jepang, Takoyaki merupakan bola-bola yang dibuat dari adonan tepung yang berisi sayuran serta potongan gurita matang. 
Meski sudah begitu di Indonesia, ternyata banyak orang yang tertarik untuk mencari cara untuk membuat membuat makanan itu. 
Saya melakukan wawancara dengan Mas Muhammad syahroni. 
Tapi kali ini saya menemukan makanan takoyaki yang berisi sayuran serta potongan sosis. 
*Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Takoyaki antara lain : 
     - Tepung trigu 
     - Telur 
     - Air 
     - Baking pawder 
     - Kecap asin 
    - Garam 
*Bahan-bahan isian :
-Daun Bawang 
- Sosis 
Alat-alat yang digunakan sangat sederhana seperti supit, layang takoyaki.

* Simpulan 
  Banyak sekali ragam makanan tradisional dan modern. Tetapi saat ini yang lebih disukai dalah makanan modern dari pada makanan tradisional. Meskipun begitu tetapi saat ini masih banyak masyarakat yang minat untuk tetap makan makanan tradisional. Sehingga makanan tradisional pun masih bisa di lestarikan dan dinikmati. 
  Perubahan pola makanan dahulu dan sekarang sangat berbeda. Mulai dari cara memasaknya, alat-alat yang digunakan, cara menyajikan makanan itu. 
  Kita harus bisa melestarikan makanan tradisional agar tidak punah. Meskipun saat ini sudah banyak makanan yang modern atau jaman sekarang yang lebih praktis dan enak. Kita sebagai generasi milenial kita harus bisa menciptakan ide-ide yang kreatif dan bisa memberi contoh kepada generasi yang akan datang supaya dapat terus melestarikan  makanan tradisional. 

Cukup sekian yang dapat saya tulis.. 🙏
Jika ada salah kata saya mohon maaf... 👋👋
See you guys..... 

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi wabarakatuh 


Penulis :Wiwik Nur Maghfiroh 
Email :wiwikmaghfiroh645@gmail.com 
Alamat : Ds Pandan, RT 09 RW 03, Pancur, Rembang, Jawa Tengah. 
Sekolah : SMA N 1 Pamotan 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEPES TAHU KHAS KELUARGA IBU MAHMUDAH

Jamu Tradisional